Rabu, 04 November 2015

elearning matrikulasi Pencemaran Lingkungan sesi 2

Assalamualaikum wrwb


Dear Mahasiswa Baru 2015,

Berikut bahan ajar elearning matrikulasi Pencemaran Lingkungan sesi 2:

elearning Pencemaran Lingkungan


untuk Absen, silahkan ketik nama, NPM dan jawaban kuis di kolom Komentar.
KUIS: 
CERITAKAN SECARA SINGKAT PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI SEKITAR ANDA,  MINIMAL MENJELASKAN:
- LOKASI PENCEMARAN
- JENIS PENCEMARAN
- DAMPAK PENCEMARAN
- PENANGGULANGAN YANG TELAH DILAKUKAN (JIKA ADA)

Terimakasih

salam,


Eliza Eka Nurmala, S.K.M., M.K.M.

91 komentar:

  1. Nama : Miftakhul istiqomah
    NPM: 15410047P
    Hadir

    Pencemaran yang ada di lingkungan saya disebabkan oleh kegiatan industri tapioka. Industri tapioka yang terletak di daerah pemukiman penduduk tepatnya di gunung sugih, lampung tangah. Perusahaan singkong ini mengakibatkan pencemaran terhadap lingkungan, baik udara maupun air. Pencemaran udara yang disebabkan adanya gas emisi yang dibuang ke udara ambien tidak dipantau sesuai dengan PP no 41 tahun 1999 tentang pengendalian pencemaran udara, sehingga terjadi penurunan baku mutu udara ambien. Selain itu kebisingan juga menjadi salah satu masalah pencemaran lingkungan, dimana terjadi aktivitas kendaraan keluar masuk pabrik dan kebisingan akibat mesin produksi. Akibat dari pencemaran udara tersebut masyarakat tidak lagi menghirup udara segar, serta terganggu dengan kebisingan sekitar pabrik.
    Pencemaran air juga terjadi, karena air limbah pengolahan singkong tidak diolah terlebih dahulu pada instalasi pengolahan air limbah yang sesuai sebelum akhirnya dibuang ke badan air. Sehingga air limbah yang tidak memenuhi baku butu yang telah ditetapkan menyebabkan sumur yang ada di sekitar badan air mengalami perubahan secara fisik, yaitu berbau dan berwarna. Air limbah hanya ditampung pada kolam sementara, kemudian dialirkan ke kolam fakultatif. Hanya ada kolam fakultatif saja sehingga zat kimia organik maupun anorganik yang terkandung dalam air limbah tidak teruai sempurna, akibatnya kandungan BOD dan COD tinggi. Perubahan air secara fisik yaitu berbau mengindikasikan terjadi pencemaran mikrobiologik air bersih, air menjadi bau disebabkan aktivitas organisme dalam air meampaui baku mutu yang telah ditetapkan dalam Permenkes 416 tahun 1990 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air.
    Hingga saat ini belum ada penanggulangan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengendalikan kualitas udara ambien, namun pabrik menyediakan sumur bor yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga sekitar. Sumur bor yang disediakan hanya 2, sementara distribusi air bersih belum sepenuhnya sampai kepada konsumen atau warga, sebab sistem distribusi air bersih tidak dikelola dengan benar.

    BalasHapus
  2. Nama : Tuwuh Rahayu
    NPM : 15410018P
    Hadir Bu.....

    Pencemaran yang terjadi dilingkungan saya adalah pencemaran udara akibat kendaraan bermotor. Adapun lokasi pencemarannya disepanjang jalan dekat rumah saya, yang dilalui banyak kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor membawa dampak yang membahayakan bagi kita, terutama pada proses pernapasan manusia. Karena asap kendaraan mengandung CO2 yaitu hasil pembakaran yang tidak sempurna, sehingga dapat mengganggu proses pernapasan bagi manusia. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Penggunaan bahan bakar kendaraan yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu pemicu kenaikkan kadar CO2 di bumi. CO2 yang menjadi bahan utama dalam fotosintesis cukup banyak diperlukan bagi tanaman, namun jika kenaikkan kadar CO2 yang tidak disertai dengan penambahan jumlah tanaman juga dapat berpengaruh buruk bagi lingkungan sekitar.
    Penanggulangan Polusi Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor
    • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum. Jika tidak perlu sekali, simpan kendaraan pribadi Anda di rumah dan gunakan transportasi umum yang ada. Ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan yang membuang polusinya setiap hari ke angkasa.
    •Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor. Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya asap kendaraan bermotor diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mencegah pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor.
    •Melakukan penghijauan (reboisasi). Penghjauan dapat mengurangi polusi udara, karena karbondioksida yang ada di udara dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau kemudian diubah menjadi oksigen.

    BalasHapus
  3. Nama : Henny Puspa
    NPM : 15410038P

    Pencemaran yang ada di lingkungan saya termasuk pencemaran udara yang disebabkan oleh jalanan yang rusak dan berdebu. Lintas timur sekarang ramai dilewati oleh mobil kendaraan roda empat dengan kapasitas besar seperti fuso, truk, kontainer bahkan pengangkut barang berat sehingga mengakibatkan jalanan beraspal menjadi hancur dan debu beterbangan seperti kabut. Penambalan jalan yang telah dilakukan oleh pemerintah hanya bertahan beberapa bulan. Penambalan dilakukan hanya untuk menutupi yang rusak/berlubang sehingga kecenderungan untuk berlubang/rusak kembali cukup tinggi. Adapun penanggulangan yang telah dilakukan oleh masyarakat sekitar yakni menggunakan masker saat berkendara serta menyirami jalanan dengan air sehingga mengurangi debu yang dapat mengakibatkan batuk-batuk, radang tenggorokan & asma.

    BalasHapus
  4. Nama : Eka Indriyani
    Npm : 15410032P
    Hadir bu

    pencemaran lingkungan yang terjadi disekitar saya di bandar lampung yaitu pencemaran udara ( debu )yang diakibatkan karna jarang terjadinya hujan sehingga pencemaran lingkungan ini dapat mencemari manusia.dan dapat merugikan atau mengganggu kesehatan manusia. udara yang telah tercemar dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit saluran pernafasan ( pneumoconiosis).
    karena pada saat orang menarik nafas, udara yang mengandung partikel akan terhirup kedalam paru-paru,sehingga debu yang masuk akan menempel/mengendap kedalam paru-paru.sehingga pencemaran lingkungan udara ini bisa tanggulangi dengan pemakaian masker pada saat akan bepergian atau ketika kita akan beraktivitas diluar rumah.

    BalasHapus
  5. Nama : Putriana
    NPM : 15410057P
    Hadir bu..

    Salah satu permasalahan yang berkenaan dengan kesehatan lingkungan pada desa saya yaitu di desa sukajaya kecamatan anak ratu aji lampung tengah adalah masalah kesehatan pada warga yang memiliki hewan ternak seperti ayam, bebek, kambing dan sapi. Mereka menempatkan ternaknya berada dekat dengan rumah, baik di depan, disamping, dibelakang dan bahkan ada yang menempatkan ternaknya di dalam rumah mereka. Alasan mereka menempatkan kandang ternaknya didekat rumah yaitu agar dapat mudah dijangkau dalam pemberian rumput atau makanan ternak dan agar lebih muda diawasi. Namun warga tidak menyadari bahwa dampak yang ditimbulkan itu terkadang mengundang adanya lalat, nyamuk dan faktor lain yang dapat menularkan penyakit seperti gatal-gatal, tetanus dan lain sebagainya yang berbahaya bagi kesehatan. Sebenarnya keberadaan dari kandang ternak tersebut dapat menyebabkan warga yang tidak memiliki ternak menjadi resah karena peternakan yang berada dekat dengan perumahan warga lain. Selain itu juga, kotoran ternak yang seringkali berserakan menimbulkan pencemaran lingkungan seperti bau, dan ruang pandang yang tidak sedap (mengganggu estetika), kotoran ternak dalam keadaan kering juga dapat menimbulkan pencemaran udara karena menimbulkan debu. Dan juga limbah ternak tersebut dapat menyebabkan pencemaran air yang menimbulkan penurunan kualitas perairan.
    Penyebab terjadinya masalah tersebut adalah
    1.pengetahuan masyarakat di Desa sukajaya tentang pentingnya kondisi rumah sehat dan bersih masih rendah
    2.masyarakat tidak mengerti bahwa akibat kurang baiknya penempatan kandang ternak didekat rumah berdampak pada kesehatan manusia
    3.kurangnya kesadaran masyarakat yang sesuai dengan persyaratan kesehatan
    4.adanya ketidak pedulian (masa bodoh) dalam pemeliharaan ternak dan lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan
    Cara penanggulangannya :
    a.Aparatur desa sebagai fasilitator.
    Aparatur desa dapat menjadi fasilitator yang baik untuk semua warga dalam memberikan penyuluhan bersama petugas kesehatan mengenai pentingnya menjaga kondisi rumah yang sehat, kebersihan lingkungan dengan jauh dari kandang ternak. Penyuluhan tersebut tentang pentingnya kondisi rumah yang bersih dan sehat serta bahaya kesehatan yang diakibatkan keberadaan kandang ternak didekat rumah.
    b. Dalam mengurus ternaknya, pemilik ternak juga harus melindungi diri dengan menggunakan alat pelindung seperti masker, sarung tangan, sepatu boot, dan menjauhkan kandang dari jangkauan anak-anak.
    c. Pemeriksaan ternak secara rutin sehingga dapat menjaga kesehatan ternak agar tidak sakit dan menularkan penyakit pada manusia.
    d. Pemberian pengetahuan kepada masyarakat mengenai pemanfaatan limbah ternak yang dapat mengurangi tingkat pencemaran lingkungan baik pencemaran air, tanah, maupun udara. Pemanfaatan tersebut juga menghasilkan nilai tambah yang bernilai ekonomis seperti dimanfaatkan sebagai media pertumbuhan cacing, pupuk organik, dan lain sebagainya.

    Namun penanggulangan ini belum berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, penyebabnya adalah karena kesadaran warga tentang kesehatan masih rendah.

    BalasHapus
  6. Nama : Sela Eka Putri
    NPM : 15410062P
    Hadir bu

    Pencemaran yang ada dilingkungan tempat saya di jl. Nangka, sukarame yaitu adanya tumpukan sampah liar yang berada di tengah pemukiman warga, sampah berasal dari sampah rumah tangga warga sekitar. Terkadang ada mobil pengangkut sampah yang mengambil sampah tersebut, namun hanya 2 kali dalam seminggu, sehingga ada nya tumpukan sampah sangat menggangu, serta mengakibatkan ada nya pencemaran udara dan tanah.
    Timbunan sampah dapat menyebabkan berbagai permasalahan baik langsung maupun tidak langsung bagi penduduk kota terutama daerah di sekitar tempat penumpukan. Dampak langsung dari penanganan sampah yang kurang bijaksana diantaranya adalah berbagai penyakit menular maupun penyakit kulit, gangguan pernafasan serta dapat mengganggu kesehatan manusia dan mengganggu estetika lingkungan, karena terkontaminasinya pemandangan oleh tumpukan sampah dan bau busuk yang menyengat hidung, sedangkan dampak tidak langsungnya diantaranya adalah bahaya banjir yang disebabkan oleh terhambatnya arus air di sungai karena terhalang timbunan sampah yang dibuang ke sungai. Membakar sampah merupakan kegiatan yang mempunyai peranan terjadinya pencemaran udara. Proses pembakaran sampah walaupun skalanya kecil sangat berperan dalam menambah jumlah zat pencemar di udara terutama debu dan hidrokarbon. Zat pencemar tersebut, tidak hanya berbahaya bagi lingkungan tetapi juga berbahaya langsung terhadap manusia. Polutan yang dihasilkan akibat pembakaran sampah dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan pemicu kanker (karsinogenik).
    Pencemaran tanah dapat diakibatkan oleh sampah organik dan anorganik, misalnya dari kegiatan rumah tangga, pasar, industri, kegiatan pertanian, dan peternakan.
    Ditinjau dari kepentingan kelestarian lingkungan, sampah organik lebih menguntungkan karena lebih mudah terdegradasi oleh mikroorganisme dan menyatu kembali dengan alam. Sedangkan sampah anorganik seperti sampah plastik dan berbagai jenis botol, kaleng, dll merupakan sampah yang sukar sekali mengalami degradasi sehingga menimbulkan penumpukan dan pencemaran. (Surtikanti, 2009). Timbunan sampah akan menutupi permukaan tanah sehingga tanah tidak bisa dimanfaatkan. Selain itu, timbunan sampah dapat menghasilkan gas nitrogen dan asam sulfida, adanya zat mercury, chrom dan arsen pada timbunan sampah dapat menimbulkan gangguan terhadap bio tanah, tumbuhan, merusak struktur permukaan dan tekstur tanah. Sampah anorganik tidak ter-biodegradasi, yang menyebabkan lapisan tanah tidak dapat ditembus oleh akar tanaman dan tidak tembus air sehingga peresapan air dan mineral yang dapat menyuburkan tanah hilang dan jumlah mikroorganisme di dalam tanahpun akan berkurang akibatnya tanaman sulit tumbuh bahkan mati karena tidak memperoleh makanan untuk berkembang.
    Saat ini sudah ada penanggulangan dari penumpukan sampah tersebut, yaitu pembersihan tumpukan sampah dan adanya larangan serta sanksi dari perangkat kampung untuk warga yang masih membandel membuang sampah.

    BalasHapus
  7. Nama : Selvia Agustina
    Npm : 15410063P
    Hadir

    Daerah tempat tinggal saya merupakan daerah pegunungan dan banyak pepohonan, karena daerahnya yang sepi sehingga memungkinkan banyak orang untuk membuang sampah rumah tanggga didaerah tempat tinggal saya tersebut. dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah tersebut lingkungan didaerah saya menjadi kotor dan banyak sampah yang bertebaran, selain itu juga karena sampah rumah tangga yang dibuang sehingga sampah tersebut menjadi busuk dan menimbulkan bau yang sangat tidak sedap setiap saya melewati jalan tersebut, penanggulangan yang sudah kami lakukan adalah dengan bergotong royong bersama untuk membersihkan jalan tersebut, setelah lingkungan bersih dan bebas dari sampah lalu kami membuat papan peringatan supaya tidak ada orang yang membuang sampah dijalan itu lagi, alhamdulillah sampai saat ini belum ada orang lagi yg membuang sampah dijalan tersebut.

    BalasHapus
  8. Nama: Hendri
    Npm : 15410037P
    Hadir

    Ada pencemaran di lingkungan saya disebabkan oleh kegiatan industri pembuatan roti. Industri roti yang terletak di daerah pemukiman penduduk di pringsewu barat, lkabupaten pringsewu. Industri roti ini mengakibatkan pencemaran terhadap lingkungan. Pencemaran udara yang disebabkan adanya bau limbah yang dibuang di siring kecil dan mengalir di kolam belakang rumah. Selain itu ada juga adanya kebisingan akibat mesin produksi. Akibat dari pencemaran udara tersebut masyarakat merasa terganggu.
    Air limbah hanya ditampung pada kolam sementara, kemudian dialirkan ke kolam fakultatif. Hanya ada kolam fakultatif saja sehingga zat kimia organik maupun anorganik yang terkandung dalam air limbah tidak teruai sempurna, akibatnya kandungan BOD dan COD tinggi. Perubahan air secara fisik yaitu berbau mengindikasikan terjadi pencemaran mikrobiologik air bersih, air menjadi bau disebabkan aktivitas organisme dalam air meampaui baku mutu yang telah ditetapkan dalam Permenkes 416 tahun 1990 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air.
    Hingga saat ini belum ada penanggulangan lingkungan yang dilakukan oleh industri itu untuk mengendalikan kualitas udara, dan air.

    BalasHapus
  9. Nama: Zakiah Putri Lestari
    NPM: 15410077P
    hadir

    Pencemaran lingkungan yg terjadi disekitar saya yaitu pencemaran tanah berupa sampah plastik, pecahan kaca, logam maupun karet yang ditimbun dalam tanah. Pencemaran tersebut terletak di bataranila hajimena karena tempat pembuangan sampah berada dekat dengan pemukiman penduduk yang dibiarkan menumpuk (menggunung) dan tidak segera diproses dan menimbulkan pemandangan yang kotor, bau busuk, dan menjadi sumber penyakit. Sampah plastik, pecahan kaca, logam dan karet yang ditimbun dalam tanah sulit diuraikan pengurai dalam tanah. Keberadaannya dalam tanah dapat menurunkan kesuburan tanah. Saat ini belum ada penanggulangan yang dilakukan untuk mengendalikan pencemaran tanah yg ada di bataranila hajimena.

    BalasHapus
  10. Nama : Ancha pramudia whardana
    Npm : 15410021P
    Hadrr

    Jawab.
    pencemaran lingkungan yang terjadi disekitar saya di bandar lampung yaitu pencemaran udara ( debu )yang diakibatkan karna jarang terjadinya hujan sehingga pencemaran lingkungan ini dapat mencemari manusia.dan dapat merugikan atau mengganggu kesehatan manusia. udara yang telah tercemar dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit saluran pernafasan ( pneumoconiosis).
    karena pada saat orang menarik nafas, udara yang mengandung partikel akan terhirup kedalam paru-paru,sehingga debu yang masuk akan menempel/mengendap kedalam paru-paru.sehingga pencemaran lingkungan udara ini bisa tanggulangi dengan pemakaian masker pada saat akan bepergian atau ketika kita akan beraktivitas diluar rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0

      Nama : Eka Indriyani
      Npm : 15410032P
      Hadir bu

      pencemaran lingkungan yang terjadi disekitar saya di bandar lampung yaitu pencemaran udara ( debu )yang diakibatkan karna jarang terjadinya hujan sehingga pencemaran lingkungan ini dapat mencemari manusia.dan dapat merugikan atau mengganggu kesehatan manusia. udara yang telah tercemar dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit saluran pernafasan ( pneumoconiosis).
      karena pada saat orang menarik nafas, udara yang mengandung partikel akan terhirup kedalam paru-paru,sehingga debu yang masuk akan menempel/mengendap kedalam paru-paru.sehingga pencemaran lingkungan udara ini bisa tanggulangi dengan pemakaian masker pada saat akan bepergian atau ketika kita akan beraktivitas diluar rumah.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Trika isnantyas
    15410073P
    Hadir

    Pencemaran lingkungan yang terjadi di lingkungan saya yaitu pencemaran air dan pencemaran udara yg disebabkan oleh limbah penduduk yang tinggal di sekitar sungai. Pencemaran tersebut terjadi di sungai daerah pemukiman di metro. Sungai yang ada sudah mulai tercemar oleh sampah-sampah yang dibuang penduduk tanpa melalui proses pengolahan. Sampah rumah tangga (sisa-sisa makanan), kotoran manusia dan kotoran hewan, tumbuh­-tumbuhan dan hewan yang mati merupakan sampah yang mengandung senyawa organik yang dalam proses penguraiannya memerlukan oksigen, sehingga apabila sampah-sampah tersebut terdapat dalam air, maka perairan (sumber air) tersebut akan kekurangan oksigen. Serta proses penguraian sampah yang mengandung protein (hewani/nabati) akan menghasilkan gas yang berbau busuk. Selain itu bahan pencemar anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yaitu senyawa anorganik berasal dari pestisida, herbisida, polimer seperti plastik, deterjen, dll. Bahan pencemar ini tidak dapat dimusnahkan oleh mikroorganisme, sehingga akan menggunung dimana-mana dan dapat mengganggu kehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. Dampaknya sampah-sampah tersebut menghambat aliran sungai, membuat warna air menjadi kecoklatan, menimbulkan bau yang tidak sedap, sungai menjadi kotor sehingga merusak keindahan sungai tersebut, serta ikan-ikan dan organisme dalam air akan mati karena kekurangan oksigen. Penanggulangan yang telah dilakukan sampai saat ini yaitu pembersihan sampah-sampah yang tersumbat di sungai oleh petugas.

    BalasHapus
  13. Nama: Amalia Amraini
    NPM: 15410020P
    hadir

    Pencemaran yang ada di lingkungan saya adalah pencemaran air di aliran irigasi yang menjadi tempat pembuangan sampah. Pencemaran air tersebut terletak di perumahan prasanti garden metro. Bahan buangan ke aliran irigasi tersebut berupa bahan buangan padat, organik (sisa-sisa makanan), maupun anorganik. Buangan padat bila dibuang ke aliran irigasi menjadi pencemaran dan akan menimbulkan pelarutan, pengendapan ataupun pembentukan koloid. Bahan buangan organic umumnya berupa limbah yang dapat membusuk atau terdegradasi oleh mikroorganisme, sehingga bila dibuang ke irigasi akan menaikkan populasi mikroorganisme. Bahan buangan anorganik sukar didegradasi oleh mikroorganisme, umumnya adalah logam. Apabila masuk ke perairan, maka akan terjadi peningkatan jumlah ion logam dalam air. Dengan semakin banyaknya bahan buangan yang dibuang ke aliran irigasi tersebut akan semakin tercemar yang ditandai dengan bau yg menyengat dan mengurangi estetika lingkungan. Saat ini masih blm ada penanggulangan yang dilakukan.

    BalasHapus
  14. Nama : Heisha Syafitri
    NPM : 15410036P

    Kebetulan didekat rumah terdapat sungai yang alirannya berasal dari langkapura, kemiling. Dari saya kecil pencemaran sungai sudah terjadi. Dahulunya debit air sungai nya besar dan banyak di manfaatkan warga sekitar untuk mencuci pakaian bahkan mandi pada tahun 1992 karna bersih nya air sungai tersebut.
    Makin bertambah tahun debit air nya makin mengecil, pencemaran yang terjadi adalah tercemarnya air oleh sama hasil produksi rumah tangga.
    Kalau di lihat skrg mungkin dalamnya hanya sampai sebatas betis orang dewasa dengan sampah dimana-mana.
    Dampak yang terjadi adalah ekosistem sungai yang dahulunya banyak terdapat ikan2 sekarang sudah tidak lg banyak. Masyarakat sekitar tidak lg memanfaatkan air sungai karna kotor keruh dan bau.
    Langkah yang di ambil adalah telah di himbau kepada warga sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Namun kesadaran dan partisipasi warga masih kurang aktif.

    BalasHapus
  15. Nama : Kartini Roes Karyati
    NPM : 15410040P
    HAdir
    jawaban
    masyarakat perumnas seputihjaya membuang sampah tidak pada tempatnya yaitu membuang sampah di tanah kosong sekitar perumahan jadi menyebabkan banyak nyamuk dan lalat serta terjadi pencemaran udara maka masyarakat perumnas sangat merasa terganggu
    cara penanggulangannya dpt bekerja sama dengan pemda setempat untuk.dapat membuang sampah pada TPA (tempat pembuangan akhir.

    BalasHapus
  16. Nama : Siti Nurafenda
    NPM : 15410069P
    Hadir

    Pencemaran yang ada di lingkungan saya disebabkan oleh kegiatan industri yaitu industri tapioka. Industri tapioka ini terletak pada daerah pemukiman penduduk tepatnya dilampung tangah. Perusahaan singkong ini mengakibatkan pencemaran udara yang disebabkan adanya gas emisi yang dibuang ke udara, sehingga terjadi penurunan baku mutu udara ambien. Pencemaran air juga terjadi, karena air limbah pengolahan singkong tidak diolah dengan baik dan benar pada (Instalasi Pengolahan Air Limbah) IPAL sebelum dibuang ke badan air. Mengakibatkan badan air mengalami perubahan secara fisik, yaitu berbau dan berwarna.

    Penanggulangan
    - Pihak perusahaan menyediakan distribusi air kepada warga disekitar pabrik , walaupun hal ini belum maksimal

    BalasHapus
  17. Nama : Kiki Karlina
    NPM : 15410041P
    Hadir bu

    Pencemaran Air pada PT Daerah panjang Bandarlampung
    pencemaran air disebabkan oleh beberapa kasus. Yakni, pertama disebabkan oleh pembuangan sampah sembarangan. Biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya lahan untuk membuang sampah tersebut. Dan masyarakat mengambil alternative bahwa solusi terbaik untuk membuang sampah adalah sungai secara umum. Mereka berpikir bahwa aliran air sungai akan menyingkirkan sampah dari pandangan mereka tanpa berpikir bahwa sampah tersebut akan membawa bencana untuk sistem lingkungan. Biasanya efek yang ditimbukannya adalah penyumbatan saluran air, sanitasi dari air tersebut menjadi buruk, merusak pandangan apabila melirik sungai tersebut,dan yang lebih buruk adalah gambaran tersebut akan memberikan contoh kepada orang awam sehingga mereka akan mengikuti sikap buruk tersebut. Kasus yang kedua adalah pembuangan limbah industry. Biasanya produksi limbah tersebut berupa zat kimia berbahaya. Jika suatu sungai terdapat limbah tersebut, proses kehidupan ekosistem air akan terganggu. Walaupun kadar racun dari jenis limbah berbeda, tetap saja akan menghambat populasi ekosistem air. Bahkan, jika kadar racun sangat berbahaya,maka itu akan membunuh semua ekosistem air. Bagi manusia hal ini akan menyebabkan penyakit kulit, bahkan jika terkonsumsi dapat menganggu sistem pencernaan manusia
    Langkah-langkah untuk menanggulangi hal tersebut adalah jangan membuang sampah atau limbah apapun di sungai. Jika terdapat sampah yang dapat didaur ulang, ambil dan optimalkan kembali fungsi dari sampah itu. Dan jika terdapat sampah yang kering dan lunak sebaiknya dibakar saja. Agar mengurangi penyumbatan saluran air sungai dan mengatasi meluapnya air ke dataran.

    BalasHapus
  18. Nama : Muhammad Escha Adesha
    NPM : 15410051P
    Hadir

    Jawaban
    Pencemaran lingkungan yang terjadi di sekitar saya khususnya kabupaten Pringsewu yang banyak areal persawahan adalah penggunaan pestisida dan pupuk anorganik yang berlebihan dan merembes ke dalam tanah hal ini dapat berpengaruh terhadap air tanah, flora, dan fauna tanah. Pada saat ini hampir semua pemupukan tanah menggunakan pupuk buatan atau anorganik. Zat atau unsur hara yang terkandung dalam pupuk anorganik adalah nitrogen (dalam bentuk nitrat atau urea), fosfor (dalam bentuk fosfat), dan kalium. Meskipun pupuk anorganik ini sangat menolong untuk meningkatkan hasil pertanian, tetapi pemakaian dalam jangka panjang tanpa dikombinasi dengan pupuk organik mengakibatkan dampak yang kurang bagus. Dampaknya antara lain hilangnya humus dari tanah, tanah menjadi kompak (padat) dan keras, dan kurang sesuai untuk tumbuhnya tanaman pertanian. Selain itu, pupuk buatan yang diperjualbelikan umumnya mengandung unsur hara yang tidak lengkapm terutama unsur-unsur mikro yang sangat dibutuhkan tumbuhan dan juga pupuk organik mudah larut dan terbawa ke perairan, misalnya danau atau sungai yang menyebabkan terjadinya eutrofikasi. Ketika suatu zat berbahaya atau beracun telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya.

    Sejauh ini penanggulangan yang telah dilakukan adalah :
    - Penggunaan pestisida dengan dosis yang telah ditentukan walaupun belum semua petani mengetahuinya.
    - Penggunaan pupuk anorganik secara tidak berlebihan pada tanaman.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama : mutia santika putri
    NPM : 15410054P
    Hadir bu..

    Pencemaran yang terjadi dilingkungan saya adalah pencemaran udara akibat kendaraan bermotor. Adapun lokasi pencemarannya disepanjang jalan dekat rumah saya, yang dilalui banyak kendaraan mobil dan motor. Asap kendaraan trsebut membawa dampak yang tidak baik bagi tubuh kita, terutama pada proses pernapasan manusia. Karena asap kendaraan mengandung CO2 yaitu hasil pembakaran yang tidak sempurna, sehingga dapat mengganggu proses pernapasan bagi manusia. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma,dan gangguan pernapasan lainnya. Penggunaan bahan bakar kendaraan yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu pemicu kenaikkan kadar CO2 di bumi. CO2 yang menjadi bahan utama dalam fotosintesis cukup banyak diperlukan bagi tanaman, namun jika kenaikkan kadar CO2 yang tidak disertai dengan penambahan jumlah tanaman juga dapat berpengaruh buruk bagi lingkungan sekitar.
    Penanggulangan Polusi Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor
    •Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor. Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya asap kendaraan bermotor diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mencegah pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor.
    •Melakukan penghijauan (reboisasi). Penghjauan dapat mengurangi polusi udara, karena karbondioksida yang ada di udara dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau kemudian diubah menjadi oksigen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. 0

      Nama : Tuwuh Rahayu
      NPM : 15410018P
      Hadir Bu.....

      Pencemaran yang terjadi dilingkungan saya adalah pencemaran udara akibat kendaraan bermotor. Adapun lokasi pencemarannya disepanjang jalan dekat rumah saya, yang dilalui banyak kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor membawa dampak yang membahayakan bagi kita, terutama pada proses pernapasan manusia. Karena asap kendaraan mengandung CO2 yaitu hasil pembakaran yang tidak sempurna, sehingga dapat mengganggu proses pernapasan bagi manusia. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Penggunaan bahan bakar kendaraan yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu pemicu kenaikkan kadar CO2 di bumi. CO2 yang menjadi bahan utama dalam fotosintesis cukup banyak diperlukan bagi tanaman, namun jika kenaikkan kadar CO2 yang tidak disertai dengan penambahan jumlah tanaman juga dapat berpengaruh buruk bagi lingkungan sekitar.
      Penanggulangan Polusi Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor
      • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum. Jika tidak perlu sekali, simpan kendaraan pribadi Anda di rumah dan gunakan transportasi umum yang ada. Ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan yang membuang polusinya setiap hari ke angkasa.
      •Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor. Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya asap kendaraan bermotor diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mencegah pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor.
      •Melakukan penghijauan (reboisasi). Penghjauan dapat mengurangi polusi udara, karena karbondioksida yang ada di udara dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau kemudian diubah menjadi oksigen.

      Hapus
  21. Nama : Firmansyah
    NPM : 15410034P
    Hadir

    Pencemaran lingkungan yang saat ini terjadi disekitar kita adalah pencemaran udara yaitu yang disebabkan asap yang sedang terjadi hingga saat ini yang berasal kebakaran hutan lindung dan cagar alam Way Kambas lampung timur yang penyebaran asap hingga Kab upaten Lampung Selatan. Dampak yang ditimbulkan kebakaran hutan ternyata sangat kompleks. Kebakaran hutan tidak hanya berdampak terhadap ekologi dan mengakibatkan kerusakan lingkungan saja. Namun dampak dari kebakaran hutan ternyata mencakup bidang-bidang lain. Ada 3 aspek yang terindikasi sebagai dampak dari kebakaran hutan. Keempat dampak tersebut mencakup dampak terhadap kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi, dampak terhadap ekologis dan kerusakan lingkungan, serta dampak terhadap perhubungan dan pariwisata. Dampak Terhadap Sosial, Budaya, dan Ekonomi. Kebakaran hutan memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi yang diantaranya meliputi: Terganggunya aktivitas sehari-hari; Asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan secara otomatis mengganggu aktivitas manusia sehari-hari, apalagi bagi yang aktivitasnya dilakukan di luar ruangan. Menurunnya produktivitas; Terganggunya aktivitas manusia akibat kebakaran hutan dapat mempengaruhi produktivitas dan penghasilan. Hilangnya sejumlah mata pencaharian masyarakat di dan sekitar hutan; Selain itu, bagi masyarakat yang menggantungkan hidup dari mengolah hasil hutan, dengan terbakarnya hutan berarti hilang pula area kerja (mata pencarian). Meningkatnya hama; Kebakaran hutan akan memusnahkan sebagian spesies dan merusak kesimbangan alam sehingga spesies-spesies yang berpotensi menjadi hama tidak terkontrol. Selain itu, terbakarnya hutan akan membuat sebagian binatang kehilangan habitat yang kemudian memaksa mereka untuk keluar dari hutan dan menjadi hama seperti gajah, monyet, dan binatang lain. Terganggunya kesehatan; Kebakaran hutan berakibat pada pencemaran udara oleh debu, gas SOx, NOx, COx, dan lain-lain dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia, antara lain infeksi saluran pernafasan, sesak nafas, iritasi kulit, iritasi mata, dan lain-lain. Kebakaran Hutan Dampak kebakaran hutan sangat komplek Dampak Terhadap Ekologis dan Kerusakan Lingkungan. Belum ada penangan polusi asap ini dari pemerintah daerah.

    BalasHapus
  22. Nama: Ahmad Malikus Soleh
    NPM: 15410019P
    Hadirr

    Pencemaran yang ada di lingkungan saya disebabkan oleh kegiatan industri baja yang terletak di jalan raya hajimena. industri baja ini mengakibatkan pencemaran suara atau kebisingan yang ditimbulkan oleh aktifitas mesin, getaran yang ditimbulkan akibat gesekan, benturan atau ketidak seimbangan gerakan bagian mesin. Dampak yang diakibatkan yaitu gangguan komunikasi, ancaman bahaya keselamatan, menurunya performan kerja, stres dan kelelahan pada pekerja. Penanggulangan yg dilakukan adalah mengurangi pencemaran suara dengan penggunaan alat peredam suara.

    BalasHapus
  23. Nama: Sukmawati
    NIP:15410071P
    Nadir

    Pencemaran lingkungan yang terjadi di sekitar says
    Debu yang bertebangan akibat tiupàn angiñ {Lokasi rumah dipinggir jalan}
    Jenisnyà yaitu pencemaràn yang ditimbulkan langsung Dari sumber pencemaràn udara/yang dikeluàrkàn langsung Dari Sumner tttu.
    Dàmpàk Yang ditimbulkàn oleh pencemaran udara tersebut yaitu pàda lingkungàn Dan kesehatan manusia
    Dampak terhadap manusia dapat masuk kedalam tubuh melalui sister pernapasan seperti ISPA
    Until menanggulaginya saya menanam bunga-bunga depan rumah menggunakan pot (karena tdk ada pekarangan untuk menanam pohon. Dengan adanya tanaman hijau,sebab tumbuh-tumbuhan dpt menghasikan O2 pads siang Bari Dan menyerap dioksida.

    BalasHapus
  24. Anuar Rachmad
    NPM : 15410022P
    Hadir

    Pencemaran lingkungan yang terjadi didaerah saya adalah pencemaran udara,adapun lokasi pencemaran terletak di kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Pencemaran terjadi diakibatkan adanya pabrik tapioka yang bahan bakunya adalah singkong,dimana limbah yang dihasilkan oleh pabrik tersebut menghasilkan bau yang tidak sedap sehingga mencemari udara disekitar terlebih jika musim penghujan tiba. Adapun dimusim kemarau saat ini didaerah saya banyak terjadi kebakaran lahan pertanian dikarenakan mayoritas masyarakat didaerah saya adalah petani,sehingga menyebabkan asap yang mencemari udara.

    BalasHapus
  25. Nama : SINTYA PRAMITA
    NPM : 15410067P
    Hadir

    Pencemaran yang terjadi di lingkungan kerja saya yaitu kota Palembang (sumater selatan) adalah pencemaran udara (kabut asap), yg diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan yang telah berlangsung sejak bulan juli. Menurut pemerintah kota pelambang berdasarkan hasil pengukuran indeks standar pencemaran udara (ISPU) beberapi hari ini palembang masuk kategori bahaya.
    Dampak dari kabut asap (pencemaran udara) di kota saya yaitu banyak nya masyarakat terutama anak anak terkena Infeksi saluran pernapasan akut serta memperburuk asma dan penyakit paru kronis.Selain itu juga menyebabkan mata pedih.
    Penanggulangan yg telah dilakukan oleh pemerintah yaitu pemberian masker wajah gratis, serta sejak Juli lalu, mulai dari pemadaman darat oleh Manggala Agni, pemadaman dari udara dengan helikopter setiap hari, hingga teknologi modifikasi cuaca (TMC) hujan buatan.

    BalasHapus
  26. Nama : Riski Aryanti
    Npm : 15410059p
    Hadir

    Salah satu pencemaran diwilayah saya desa jepara, lampung timur yaitu merupakan masalah kesehatan yg ada pada sebagian besar warga yang memiliki hewan ternak seperti ayam, kambing dan sapi. Hal ini dikarenakan penempatan kandang untuk ternaknya yang berada dekat dengan rumah. Alasan warga yang menempatkan kandang ternaknya didekat rumah yaitu untuk keamanan dan ada juga yg dikarenakan tidak memiliki lahan lain. Karena hewan ternak tersebut kadang mengundang adanya lalat, nyamuk dan vektor lain yang dapat menularkan penyakit seperti gatal-gatal, tetanus dan lain sebagainya yang berbahaya bagi kesehatan. Keberadaan dari kandang ternak dapat menyebabkan warga lainnya menjadi resah karena peternakan yang berada dekat dengan perumahan. Selain itu, kotoran ternak yang seringkali berserakan menimbulkan pencemaran lingkungan seperti bau, kotoran ternak dalam keadaan kering juga dapat menimbulkan pencemaran udara karena menimbulkan debu.
    Dan juga limbah ternak tersebut dapat menyebabkan pencemaran air yang menimbulkan penurunan kualitas perairan.
    Dan sampai saat ini yg dilakukan hanyalah pembersihan kandang setap minggunya atau bahkan lebih dari satu minggu. Yang menurut saya hal ini bukan lah penanggulangan yg berarti, karena hal tsb blm dapat mengurangi keluhan warga yg berada disekitar kandang yg tercemar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 25

      Nama : Putriana
      NPM : 15410057P
      Hadir bu..

      Hapus
  27. Nama : Wellza Kerinova
    NPM : 15410075P
    Hadir

    CERITAKAN SECARA SINGKAT PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI SEKITAR ANDA, MINIMAL MENJELASKAN:
    - LOKASI PENCEMARAN
    - JENIS PENCEMARAN
    - DAMPAK PENCEMARAN
    - PENANGGULANGAN YANG TELAH DILAKUKAN (JIKA ADA)

    Jawab :
    Lokasi pencemaran terletak di daerah lampung tengah tepatnya Bandar Jaya Barat di sini terdapat industri rumahan pembuatan tempe dan tahu sehingga banyak masyarakat sekitar yang menyebutnya gang tempe karna mayoritas penghuni gang tersebut memproduksi tempe dan tahu (industri Rumahan).
    Jenis pencemaran yaitu air limbah banyaknya Limbah cair yang dikeluarkan oleh industri-industri masih menjadi masalah bagi lingkungan sekitarnya, karena pada umumnya industri-industri, terutama industri rumah tangga mengalirkan langsung air limbahnya ke selokan atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Demikian pula dengan industri tahu/tempe yang pada umumnya merupakan industri rumah tangga.Keadaan ini akibat masih banyaknya pengrajin tahu/tempe yang belum mengerti akan kebersihan lingkungan dan disamping itu pula tingkat ekonomi yang masih rendah, sehingga pengolahan limbah akan menjadi beban yang cukup berat bagi mereka. disamping nilai gizinya tinggi harganya pun relatif murah.biasanya limbah tempe/tahu limbah yang dibuang ke peraian memiliki kadar zat organiknya (BOD) dan COD (Chemical Oxygen Demand) Jika ditinjau dari Kep-03/MENKLH/11/1991 tentang baku mutu limbah cair, maka industri tahu dan tempe memerlukan pengolahan limbah.
    Dampak dari pencemaran tersebut terhadap lingkungan.Salah satunya dampak limbah-bau limbah cair dan padat. Keadaan air sungai menjadi kotor dan keruh.Menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mengganggu pernapasan warga di sekitarnya. Merusak pemandangan / mengurangi nilai keindahan.
    Sampai saat ini belum ada penanggulangan yang di lakukan baik oleh industri maupun masyarakat atau instansi yang tekait karna Tempe/Tahu merupakan makanan yang digemari masyarakat, baik masyarakat kalangan bawah hingga atas. Keberadaannya sudah lama diakui sebagai makanan yang sehat, bergizi dan harganya murah. Hampir ditiap kota di Indonesia dijumpai industri tempe/tahu Namun demikian keberadaan industri tahu-tempe harus selalu didukung baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat karena makanan tahu/tempe merupakan makanan yang digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia,.sehingga sulit untuk ditindak tegas sebagai upaya penanggulangan dampak yg disebabkan oleh industri rumahan tersebut

    BalasHapus
  28. Nama : Prayoga Yushananta
    NPM : 15410056P
    Hadir bu.....

    Ditempat saya belum terjadi pencemaran, akan tetapi potensi pencemaran bakal terjadi hal ini disebabkan karena adanya aktivitas tambang/ pengolahan emas didaerah Kec.Way Ratai. Aktifitas pengolahan tersebut dilkukan oleh sebagian besar warga tanpa memperhatikan lingkungan sekitarnya. Seperti kita ketahui untuk melakukan aktifitas tersebut maka media yang digunakan adalah air sungai/kali yang ada, air raksa, batu-batuan, yang mana proses pengerjaannya batu-batuan dilumatkan bersama air raksa dan air yang selanjutnya dengan berbagai proses lainnya maka akan dihasilkan yang berupa:
    - Bahan emas + perak
    - Air raksa sisa
    - Sedimen sisa produksi
    - Air sisa produksi.
    Pada fase inilah potensi pencemaran bakal terjadi jika tidak diatasi sejak dini, dikarenakan sedimen sisa dan air tersebut langsung dibuang kesumber air yang ada ( kali ) yang mana penduduk sekitarpun ikut memakai air tersebut untuk kegiatan-kegiatan rumah tangga. Air raksa sebagai logam berat akan sangat berpengaruh jelek terhadap tubuh jika kita terkena paparannya, disamping itu juga air kali yang digunakan untuk keperluan rumah tangga sudah tidak jernih lagi karena bercampur sedimen-sedimen sisa aktifitas. Beruntung aktifitas tersebut dapat cepat diketahui, maka segenap aparatur terkait berkordinasi dan langsung melukukan penertiban pada aktifitas penambangan yang ada. Dari Puskesmas melakukan penyuluhan kesehatan bagi penduduk sekitar yang ada. Instansi terkait melakukan monitoring agar aktifitas dapat dibina, terpantau dan terkendali.

    BalasHapus
  29. Nama : Aprilina Sunardi
    NPM : 15410023P

    Pencemaran yang ada di lingkungan saya termasuk pencemaran udara berupa :
    a. Partikel (debu, aerosol, timah hitam)
    b. Gas (karbon monoksida / CO
    c. Energi (suhu dan kebisingan)
    Yang disebabkan oleh kendaraan bermotor dan pembangunan pelebaran jalan yang masih terus dilakukan.
    Lokasi pencemarannya disepanjang jalan dekat rumah saya yang dilalui banyak kendaraan bermotor hingga menuju komplek perkantoran pemerintah daerah kabupaten pringsewu yang sangat berdebu.
    Dampak Pencemaran Udara
    1. Dampak kesehatan
    Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISNA (infeksi saluran napas atas), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksik dan karsinogenik.
    2. Dampak terhadap tanaman
    Tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya akibat adanya penutupan pori pori tumbuhan sehingga mengganggu jalannya photosintesis.
    3. Menganggu kesehatan manusia seperti timbulnya iritasi pada mata, alergi, gangguan
    pernafasan dan kanker pada paru-paru.

    Solusi Pencemaran Udara
    1. Pembatasan usia kendaraan, terutama bagi angkutan umum. Sebab, semakin tua kendaraan, terutama yang kurang terawat, semakin besar potensi untuk memberi kontribusi polutan udara.
    2. Penanaman pohon-pohon yang berdaun lebar di pinggir-pinggir jalan, terutama yang lalu lintasnya padat serta di sudut-sudut kota, juga mengurangi polusi udara.
    3. Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor. Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya asap kendaraan bermotor diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mencegah pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor, yaitu dengan menggunakan masker saat berkendara

    BalasHapus
  30. Nama : siti halimah
    Npm : 15410080P
    HADIRR

    Pencemaran yang terjadi dilingkungan saya adalah pencemaran udara akibat kendaraan mobil dan motor. Adapun lokasi pencemarannya disepanjang jalan dekat rumah saya, yang dilalui banyak kendaraan mobil dan motor. Asap kendaraan tersebut membawa dampak yang tidak baik bagi tubuh kita, terutama pada proses pernapasan manusia. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma,dan gangguan pernapasan lainnya.
    Penanggulangan Polusi Udara oleh asap kendaraan mobil dan motor
    - Menggunakan kendaraan yg ramah lingkungan
    - Menggunkn kendaraan umum
    - Dibatasi usia kendaraa/ penggunaan kendaraan
    - Menanam pohon berdaun lebar dijalan raya

    BalasHapus
  31. Nama : Sheranica Ariesta
    NPM : 15410065P
    Hadir

    Pencemaran lingkungan yang saat ini terjadi disekitar saya adalah pencemaran udara yaitu berasal kebakaran hutan lindung di daerah lampung utara yang penyebaran asap hingga menimbulkan dampak yang sangat kompleks. Kebakaran hutan tidak hanya berdampak terhadap ekologi dan mengakibatkan kerusakan lingkungan saja namun dampak dari kebakaran hutan ternyata mencakup bidang-bidang lain. Ada 3 aspek yang terindikasi sebagai dampak dari kebakaran hutan. Keempat dampak tersebut mencakup dampak terhadap kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi, dampak terhadap ekologis dan kerusakan lingkungan, serta dampak terhadap perhubungan dan pariwisata. Dampak Terhadap Sosial, Budaya, dan Ekonomi. Kebakaran hutan memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi yang diantaranya meliputi: Terganggunya aktivitas sehari-hari; Asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan secara otomatis mengganggu aktivitas manusia sehari-hari, apalagi bagi yang aktivitasnya dilakukan di luar ruangan. Menurunnya produktivitas; Terganggunya aktivitas manusia akibat kebakaran hutan dapat mempengaruhi produktivitas dan penghasilan. Hilangnya sejumlah mata pencaharian masyarakat di dan sekitar hutan; Selain itu, bagi masyarakat yang menggantungkan hidup dari mengolah hasil hutan, dengan terbakarnya hutan berarti hilang pula area kerja (mata pencarian). Meningkatnya hama; Kebakaran hutan akan memusnahkan sebagian spesies dan merusak kesimbangan alam sehingga spesies-spesies yang berpotensi menjadi hama tidak terkontrol. Selain itu, terbakarnya hutan akan membuat sebagian binatang kehilangan habitat yang kemudian memaksa mereka untuk keluar dari hutan. Terganggunya kesehatan; Kebakaran hutan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia, antara lain infeksi saluran pernafasan, sesak nafas, iritasi kulit, iritasi mata, dan lain-lain. Dan sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari pemerintah daerah setempat untuk menangani kasus pencemaran udara tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0

      Nama : Firmansyah
      NPM : 15410034P
      Hadir

      Hapus
  32. Nama : Siti Walidatu Soleha
    Npm : 15410081P

    Udara dimana di dalamnya terkandung sejumlah oksigen, merupakan komponen terpenting bagi kehidupan, baik manusia maupun makhluk hidup lainnya. Sedangkan apabila terjadi penambahan gas-gas lain yang menimbulkan gangguan serta perubahan komposisi tersebut, maka dikatakan udara sudah tercemar/terpolusi.
    Pencemaran disekitar lingkungan saya seperti pencemaran udara yang disebabkan oleh asap rokok, asap rokok dapat dijumpai di berbagai tempat, asap rokok juga dapat membahayakan bagi manusia khususnya bagi siperokok aktif dan perokok pasif khususnya, karena perokok pasif tidak menghisap rokok secara langsung tetapi menghirup asap rokok yang sudah dihisap oleh perokok aktif dan resiko perokok pasif lebih besar daripada perokok aktif.
    Dampak pencemaran udara :
    • Menimbulkan efek iritasi pada saluran nafas sehingga menimbulkan gejala batuk dan sesak nafas.
    • Menimbulkan bau yang tidak sedap, Menggangu sistem pernapasan.
    • Dalam jumlah kecil dapat menimbulkan gangguan berfikir, gerakan otot, gangguan jantung.
    • Membahayakan bagi si perokok pasif
    • Anak-anak juga cenderung lebih berpeluang menderita masalah pernapasan dan asma.


    Pencegahan yang dapat dilakukan :
    - Membuat tempat khusus buat merorok
    - Tidak merokok
    - Membuat himbauan jangan merokok ditempat umum
    - Merokkok dilarang di tempat kerja, pub, klub dan restoran,
    - Dinaikkannya cukai atau harga rokok sehingga masyrakat berfikir lebih penting buat makan dari pada membeli rokok

    BalasHapus
  33. Nama : Sheranica Ariesta
    NPM : 15410065P
    Hadir

    Pencemaran lingkungan yang saat ini terjadi disekitar saya adalah pencemaran udara yaitu berasal kebakaran hutan lindung di daerah lampung utara yang penyebaran asap hingga menimbulkan dampak yang sangat kompleks. Kebakaran hutan tidak hanya berdampak terhadap ekologi dan mengakibatkan kerusakan lingkungan saja namun dampak dari kebakaran hutan ternyata mencakup bidang-bidang lain. Ada 3 aspek yang terindikasi sebagai dampak dari kebakaran hutan. Keempat dampak tersebut mencakup dampak terhadap kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi, dampak terhadap ekologis dan kerusakan lingkungan, serta dampak terhadap perhubungan dan pariwisata. Dampak Terhadap Sosial, Budaya, dan Ekonomi. Kebakaran hutan memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi yang diantaranya meliputi: Terganggunya aktivitas sehari-hari; Asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan secara otomatis mengganggu aktivitas manusia sehari-hari, apalagi bagi yang aktivitasnya dilakukan di luar ruangan. Menurunnya produktivitas; Terganggunya aktivitas manusia akibat kebakaran hutan dapat mempengaruhi produktivitas dan penghasilan. Hilangnya sejumlah mata pencaharian masyarakat di dan sekitar hutan; Selain itu, bagi masyarakat yang menggantungkan hidup dari mengolah hasil hutan, dengan terbakarnya hutan berarti hilang pula area kerja (mata pencarian). Meningkatnya hama; Kebakaran hutan akan memusnahkan sebagian spesies dan merusak kesimbangan alam sehingga spesies-spesies yang berpotensi menjadi hama tidak terkontrol. Selain itu, terbakarnya hutan akan membuat sebagian binatang kehilangan habitat yang kemudian memaksa mereka untuk keluar dari hutan. Terganggunya kesehatan; Kebakaran hutan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia, antara lain infeksi saluran pernafasan, sesak nafas, iritasi kulit, iritasi mata, dan lain-lain. Dan sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari pemerintah daerah setempat untuk menangani kasus pencemaran udara tersebut.

    BalasHapus
  34. Nama : Lilik Subowo
    NPM : 15410043P
    Hadir

    Pencemaran yang ada dilingkungan saya yaitu pencemaran air. Pencemaran terjadi pada salah satu sungai yang ada di bandar jaya. Penyebab pencemaran air adalah adanya pembuangan limbah pabrik yang ada disekitar daerah tersebut. dengan adanya pencemaran air sungai tersebut mengakibatkan berkurangnya populasi ikan, kondisi air sumur disekitar sungai berwarna keruh dan bau, serta menimbulkan aroma tidak sedap di kawasan penduduk disekitar sungai.
    adapun upaya yang telah dilakukan yaitu menghimbau pihak manajemen pabrik untuk tidak langsung membuang limbah industri ke sungai dan menghimbau agar manajemen pabrik segera membuat IPAL yang sesuai standar sehingga hasil akhir dari limbah pabrik sudah memenuhi standar yang tidak mencemari lingkungan.

    BalasHapus
  35. Nama : Uyung Nurrohman
    NPM : 15410087P
    Hadir bu

    Pencemaran lingkungan yang terdapat dilingkungan tempat tinggal saya yang bertempat di natar lampung selatan adalah adanya pencemaran bau udara yang tidak sedap yang disebabkan oleh pabrik karet, dan bau limbah bekas pembuangan karet yang berdekatan dengan pemukiman warga yang mengganggu aktivitas maupun kesehatan warga seperti menghambat warga untuk mendapatkan udara yang segar, bersih, dan sehat. Pencemaran ini dapat disebut pencemaran lingkungan dan udara. Dampak yang ditimbulkan dari pembuangan limbah karet yang berdekatan dengan pemukiman warga dan udara bekas perindustrian karet adalah seperti makanan yang dikonsumsi oleh warga sekitar dapat menjadi tidak sehat, bisa terserangnya penyakit seperti diare, maupun (ISPA) Infeksi Saluran Pernapasan. Penanggulangannya telah dihimbau kepada pihak yang memiliki pabrik karet tersebut untuk dapat memindahkan tempat pembuangan limbah karet tersebut, ketempat yang berjauhan dari tempat tinggal warga, namun peringatan tersebut tidak di indahkan oleh pihak pemilik pabrik karet tersebut, sehingga perlu adanya penegasan lebih lanjut terhadap pihak pemilik pabrik karet tersebut.

    BalasHapus
  36. Nama : Marcilia Oktarini
    NPM :15410045P
    Hadir bu

    Pencemaran yang ada di likunggan tempat tinggal saya di kecamatan Sungkai Utara Lampung Utara adalah pencemaran udara ini ada 2 hal penyebabna Pencemaran terjadi diakibatkan adanya pabrik tapioka yang bahan bakunya adalah singkong,dimana limbah yang dihasilkan oleh pabrik tersebut menghasilkan bau yang tidak sedap sehingga mencemari udara disekitar terlebih jika musim penghujan tiba.dan yang ke dua tepat di belakang rumah saya ada satu buah rumah yang memelihara hewan ternak berupa kambing yang kandangna cukup besar dan kambingna cukup banyak,walaupun kandang2na cukup bersih dan selalu terawat oleh pemilikna tpi terkadang bau nya tetap sering membuat udara sekitar tercemar bauna.

    BalasHapus
  37. Nama : Eniwati
    NPM : 15410033P
    Hadir bu......

    Pencemaran yang terjadi disekitar saya adalah pencemaran udara (bau) dikarenakan adanya peternakan ayam yang dekat dengan permukiman penduduk didaerah Banjaran Padangcermin. Bau yang ditimbulkan sangatlah menyengat terlebih di waktu pagi,malam, atau sehabis hujan turun. Bau akan bertambah intensitasnya jika terbawa angin kearah kita, disamping itu juga serangga lalatpun sangat banyak oleh karena bau tersebut. Akibat aktifitas peternakan tersebut maka kualiatas udara disekitar menjadi jelek hal ini ditandai dengan banyaknya warga yang menderita ispa (batuk,pilek,sesak), serta banyak juga warga yang menderita diare yang disebabkan karena banyaknya lalat. Usaha penanggulangan yang sudah dilakukan berupa koordinasi dengan pihak terkait untuk lebih menertibkan usaha tersebut sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada. Menghimbau pemilik peternakan untuk lebih memperhatikan kebersihan peternakannya. Melakukan penyuluhan dan pengobatan bagi warga yang menderita sakit.

    BalasHapus
  38. Nama: nawang Shandy
    NPM: 15410055P
    Hadir

    Pencemaran yang ada di lingkungan saya disebabkan oleh kegiatan industri terasi yang terletak di desa mulyosari, pasir sakti, Lamtim. Perusahaan udang ini mengakibatkan pencemaran lingkungan baik udara maupun air. Pencemaran udara yang disebabkan adanya gas emisi yang dibuang ke udara ambien sehingga terjadi penurunan baku mutu udara ambien. Akibat dari pencemaran udara tersebut masyarakat tidak lagi menghirup udara segar. Pencemaran air juga terjadi, karena air limbah pengolahan terasi tidak diolah terlebih dahulu pada instalasi pengolahan air limbah yang sesuai sebelum akhirnya dibuang ke badan air. Sehingga air limbah yang tidak memenuhi baku butu yang telah ditetapkan menyebabkan sumur yang ada di sekitar badan air mengalami perubahan secara fisik, yaitu berbau dan berwarna. Penanggulangan yang telah dilakukan yaitu
    a.Memantau secara rutin kondisi air, baik yang dicurigai maupun yang tidak dicurigai.
    b.Mengambil sampel air, untuk diperiksakan/diteliti ke laboratorium
    c.Hasil penelitian laboratorium, akan dapat dibaca keadaan air, apabila diketahui adanya penurunan mutu air maka hasilnya diteruskan pada yang berwenang untuk mengatasi. Menyelesaikannya.

    BalasHapus
  39. Nama : Dwi Astuti
    Npm : 15410026P

    Pencemaran yang terjadi dilingkungan saya seperti pencemaran tanah yang disebabkan oleh penggunaan bahan pestisida. tanah merupakan bagian penting dalam menunjang kehidupan manusia. oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban kita menjaga kelestarian tanah sehingga tetap dapat mendukung kehidupan manusia. Akan tetapi, sebagaimana halnya pencemaran air dan udara, pencemaran tanah pun akibat kegiatan manusia juga.
    Pencemaran ini biasanya disebabkan kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat.


    Pencemaran ini menjadikan tanah rusak dan hilang kesuburanya, mengandung zat asam tinggi. Berbau busuk, kering, mengandung logam berat, mengandung sampah anorganik dan sebagainya. Kalau sudah begitu maka tanah akan sulit untuk dimanfaatkan.

    Pencegahan
    1. Mengurangi bahan pestisida secara berlebihan
    2. Menggunakan pestisida sesuai kebutuhan
    3. Mengganti pupuk pestisida menjadi pupuk organik
    4. Setelah menggunakan pestisida mencuci taangan dengan bersih menggunakan sabun


    BalasHapus
  40. Nama : Fitri Anggraini
    NPM : 15410035P

    CERITAKAN SECARA SINGKAT PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI SEKITAR ANDA, MINIMAL MENJELASKAN:
    - LOKASI PENCEMARAN
    - JENIS PENCEMARAN
    - DAMPAK PENCEMARAN
    - PENANGGULANGAN YANG TELAH DILAKUKAN (JIKA ADA)

    Jawaban:

    Pencemaran yang terjadi di daerah tempat tinggal saya yang berlokasi di kabupaten way kanan yaitu :

    1. Hampir di berbagai kecamatan memiliki sungai yang kondisi airnya keruh di karenakan tambang emas yang sudah meresahkan warga.
    Seperti yang kita ketahui saat ini sedang musim kemarau panjang, dampak yang terjadi saat ini yaitu warga kesulitan untuk menggunakan air sungai di karenakan warna air sungai yang sangat keruh dan berbau sehingga tidak dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan air untuk kehidupan sehari-hari khususnya saat musim kemarau seperti saat ini.
    Penanggulangannya pemerintah kabupaten way kanan telah memberikan pernyataan yang di telah di edarkan di media cetak (koran) yaitu mengeluarkan sanksi secara tegas untuk para penambang emas yang bersifat ilegal untuk tidak mencari emas di sungai-sungai di daerah kabupaten way kanan dan kesimpulannya pemerintah menginginkan penambangan emas yang di lakukan di sungai-sungai tersebut dihentikan.

    2. Polusi udara karena akibat perbaikan dan pelebaran jalan
    Akibat perbaikan jalan tersebut terjadi polusi udara seperti debu khususnya saat musim kemarau panjang seperti saat ini sehingga banyak yang terkena batuk-batuk akibat udara yang dihirup kotor dan tidak sehat.
    Penanggulangan : Seharusnya pemerintah kabupaten way kanan mengeluarkan sanksi secara tegas untuk mobil truk-truk besar yang melintas tidak di perbolehkan melintasi jalan raya yang baru saja selesai di perbaiki agar tidak terjadi kerusakan jalan secara berulang yang mengakibatkan jalan mengalami kerusakan dan dilakukan perbaikan jalan secara terus-menerus yang mengakibatkan polusi udara.


    BalasHapus
  41. Nama : Wawan Setiawan
    NPM : 15410074P
    Hadir

    Kuis:
    Ceritakan Secara Singkat Pencemaran Lingkungan Yang Terjadi Di Sekitar Anda, Minimal Menjelaskan:
    - Lokasi Pencemaran
    - Jenis Pencemaran
    - Dampak Pencemaran
    - Penanggulangan Yang Telah Dilakukan (Jika Ada)

    Jawaban :

    Saya berdomisili di Kelurahan Margorejo Metro Selatan, dilingkungan saya dan hampir di seluruh Wilayah Kota Metro tekstur porositas tanahnya besar/longgar sehingga penyerapan airnya juga sangat besar, hal ini sagat berpotensi untuk terjadinya pencemaran air tanah.
    Keluarahan Margorejo adalah suatu wilayah yang lokasinya berdekatan dengan areal pesawahan, pada saat musim tanam padi atau musim hujan kondisi air tanah menjadi tercemar, air berwarna kuning kecoklatan dan berbau tidak sedap akibat serapan air dari areal persawahan dan lingkungan sekitar.
    Dampak dari pencemaran air tanah diwilayah kami adalah masyarakat tidak dapat lagi memanfaatkan air tanah tersebut untuk kebutuhan hidup sehari-hari, masyarakat harus mengeluarkan biaya lebih untuk memenuhi kebutuhan air bersih karena harus menggunakan sumur bor atau membeli air mineral untuk kegiatan memasak dan penyediaan air minum.
    Penanggulangan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah adalah dengan memberikan bantuan sumur bor disetiap kelurahan namun keberadaan sumur bor tersebut bulum mencukupi untuk kebutuhan seluruh masyarakat, terutama masyarakat kecil yang tidak mampu.
    Demikian cerita singkat mengenai pencemaran yang terjadi di wilayah saya, terima kasih...

    BalasHapus
  42. Nama : ANITA FEBRINA
    NPM : 15410088P
    Jawaban KUIS :
    Pencemaran yang terjadi di sekitar lingkungan saya salah satunya adalah pencemaran air sungai di kelurahan Gunung Sulah, Way Halim, Bandar Lampung. Kelurahan Gunung Sulah merupakan kawasan Industri Rumah Tangga (IRT) Tahu dan Tempe, ada ratusan industri yang berproduksi, yang dinaungi oleh Koperasi Primkopti Kelurahan Gunung Sulah. Namun sayangnya menjamurnya IRT tersebut tidak diiringi dengan pengelolaan limbah yang baik, khususnya untuk limbah cair. Sebagian besar bahkan bisa dikatakan semua IRT membuang limbah industrinya langsung ke sungai tanpa ada treatment apapun. Walau dampak yang ditimbulkan tidak berupa bahaya hebat yang luar biasa (masih sering diabaikan), tingginya kandungan bahan organik dalam limbah tahu dan tempe menyebabkan air sungai jadi keruh dan bau busuk, serta beresiko menjadi sumber pencemar di sekitar aliran sungai yang dapat menimbulkan penyakit diare, kulit dan sebagainya.
    Sekitar tahun 2000-an pemerintah sudah membangun IPAL di kawasan tersebut, yang digunakan secara massal untuk mengelola limbah cair IRT yang ada. Masing-masing IRT mempunyai saluran limbah yang bermuara ke IPAL sebelum akhirnya dibuang ke sungai. Namun dikarenakan keterbatasan tenaga, biaya pemeliharaan dan faktor lainnya, IPAL tersebut tidak berjalan lama dan akhirnya IRT kembali membuang limbahnya ke sungai. Hal tersebut sangat disayangkan karena apabila dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan masalah lingkungan yang serius, mulai dari kerusakan ekologi sungai, hingga penyakit di masyarakat.

    BalasHapus
  43. Nama: rita ayu ss
    Npm: 15410047

    Pencemaran yag terjadi di lingkungan saya saat ini adalah pencemaran udara yang disebabkan oleh aktivitas kendaraan bermotor. Musim kemarau memperparah kondisi saat ini sebab partikel debu yg sulit dikendalikan, akibatnta penyakit ispa menjadi penyakit populer pada periode kali ini.
    Blm adanya penanggulangan terhadap pencemaran udara tersebut.

    BalasHapus
  44. Nama:Siska Aulia Sari
    NPM: 15410068P
    Hadir bu...
    Pencemaran yang terjadi saat ini di lingkungan kita adalah kabut asap yang disebabkan oleh pembakaran lahan perkebunan. Pembakaran secara bersamaan di wilayah perkebunan menyebabkan tingginya volume asap di udara. Peristiwa ini diperburuk dengan tidak adanya curah hujan dalam jangka waktu yang lama,sedangkan pembakaran lahan perkebunan terus terjadi dan semakin luas. Gas karbonmonoksida (CO) yang dihasilkan dari pembakaran mengikat oksigen yang ada di udara sehingga kandungan oksigen udara berkurang. Disamping itu, tidak adanya curah hujan menyebabkan asap semakin tebal dan jumlah oksigen semakin tipis. Akibatnya sesak napas, ispa dan penyakit saluran pernapasan lainnya meningkat.
    Penanggulangan yang telah dilakukan adalah membuat hujan buatan. Namun luasnya wilayah yang dibakar tidak teratasi dengan hujan buatan tersebut.

    BalasHapus
  45. NAMA : SIGIT WAHYONO
    NPM : 15410066P
    HADIR
    A. Potensi Pencemaran yang terjadi ditempat saya di Puskesmas Tatakarya sebagian besar berasal dari Limbah Medis dengan jenis pencemaran, meliputi :
    1) Limbah benda tajam, misalnya : Jarum suntik; Kaca sediaan (preparat glass); Infus set; Ampul/vial obat, dll.
    2) Limbah cair , baik yang berasal dari aktifitas Medis, Laboratorium, pemeliharaan kebersihan, dan pemberian desinfektan, misalnya : formaldehid, dan juga limbah cair yang berasal dari kamar mandi dll.
    3) Limbah Farmasi, adalah limbah yang mengandung bahan-bahan farmasi, misalnya : mencakup produk farmasi, obat, vaksin, serum yang sudah kadaluwarsa, tumpahan obat, dll; Termasuk sarung tangan, masker, dll.
    B. Dampak Pencemaran Terhadap Kesehatan. Limbah medis dapat mengandung berbagai macam mikroorganisme patogen, yang dapat memasuki tubuh manusia. Limbah medis tajam tidak hanya dapat menyebabkan luka gores maupun luka tusuk, tetapi juga dapat menginfeksi luka jika terkontaminasi patogen. Karena risiko ganda ini (cedera dan penularan penyakit), limbah medis tajam termasuk dalam kelompok limbah yang sangat berbahaya. Risiko serupa dihadapi oleh tenaga layanan kesehatan lain dan pelaksana pengelolaan limbah di luar puskesmas, juga pemulung di lokasi pembuangan akhir limbah. Beberapa infeksi yang menyebar melalui media lain atau disebabkan oleh agens yang lebih resisten dapat menimbulkan risiko yang bermakna pada pasien dan masyarakat. Contoh : pembuangan limbah medis cair yang tidak terkendali pada perawatan pasien diare memberikan dampak yang cukup besar terhadap terjadinya wabah diare.
    C. Penanggulangan
    Dilakukan melalui Pengelolaan Limbah Medis.
    1. Pengelolaan Limbah Medis Tajam.
    Teknik pengelolaan limbah medis tajam dapat dilakukan dengan menggunakan Safety Box Jarum dan syringe langsung dimasukkan ke dalam safety box pada setiap selesai satu penyuntikan; setelah penuh, safety box dan isinya dikirim ke sarana kesehatan lain yang memiliki incinerator ( dikirim ke incinerator RSUD. Ryacudu Kotabumi )dengan suhu pembakaran minimal 1000⁰C.
    2. Pengolahan Limbah Cair
    Penanganan limbah cair di Puskesmas Tatakarya dilakukan dengan menampung limbah cair yang dihasilkan di Bak penampungan limbah cair karena di Puskesmas Tatakarya belum memiliki sarana IPAL.

    BalasHapus
  46. Nama: retno rahayu
    Npm: 15410058

    Pencemaran yang terjadi di lingkungam saya adalah pencemaran udara. Udara segar sangat sulit kami peroleh, tepatnya di branti kec. Natar lampung selatan.
    Transportasi yang merupakan kebutuhan penting bagi manusia saat ini juga memiliki dampak negativ. Padatnya kendaraan mengakibatkan pencemaran udara berupa asap kendaraan dan debu. Sehingga penyakit ispa meningkat.
    Belum ada nya penanggulangan masalah ini menjadikan ispa menjadi penyakit populer berbasis lingkungan pada saat ini.

    BalasHapus
  47. NAMA : DINDA PUTRI PRAMEZURI
    NPM : 15410030P
    HADIR BU

    CERITAKAN SECARA SINGKAT PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI SEKITAR ANDA, MINIMAL MENJELASKAN:
    - LOKASI PENCEMARAN
    - JENIS PENCEMARAN
    - DAMPAK PENCEMARAN
    - PENANGGULANGAN YANG TELAH DILAKUKAN (JIKA ADA)
    JAWAB :
    Pencemaran yang ada dilingkungan saya yaitu bertempat tinggal di sukabumi, bandar lampung adalah pencemaran udara akibat kendaraan bermotor. Adapun lokasi pencemarannya disepanjang jalan dekat rumah saya, yang dilalui banyak kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor membawa dampak yang membahayakan bagi kita, terutama pada proses pernapasan manusia. Karena asap kendaraan mengandung CO2 yaitu hasil pembakaran yang tidak sempurna, sehingga dapat mengganggu proses pernapasan bagi manusia. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Penggunaan bahan bakar kendaraan yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu pemicu kenaikkan kadar CO2 di bumi. CO2 yang menjadi bahan utama dalam fotosintesis cukup banyak diperlukan bagi tanaman, namun jika kenaikkan kadar CO2 yang tidak disertai dengan penambahan jumlah tanaman juga dapat berpengaruh buruk bagi lingkungan sekitar.
    Penanggulangan Polusi Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor
    • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum. Jika tidak perlu sekali, simpan kendaraan pribadi Anda di rumah dan gunakan transportasi umum yang ada. Ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan yang membuang polusinya setiap hari ke angkasa.
    •Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor. Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya asap kendaraan bermotor diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mencegah pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor.
    •Melakukan penghijauan (reboisasi). Penghjauan dapat mengurangi polusi udara, karena karbondioksida yang ada di udara dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau kemudian diubah menjadi oksigen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0

      Nama : Tuwuh Rahayu
      NPM : 15410018P
      Hadir Bu.....

      Pencemaran yang terjadi dilingkungan saya adalah pencemaran udara akibat kendaraan bermotor. Adapun lokasi pencemarannya disepanjang jalan dekat rumah saya, yang dilalui banyak kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor membawa dampak yang membahayakan bagi kita, terutama pada proses pernapasan manusia. Karena asap kendaraan mengandung CO2 yaitu hasil pembakaran yang tidak sempurna, sehingga dapat mengganggu proses pernapasan bagi manusia. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Penggunaan bahan bakar kendaraan yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu pemicu kenaikkan kadar CO2 di bumi. CO2 yang menjadi bahan utama dalam fotosintesis cukup banyak diperlukan bagi tanaman, namun jika kenaikkan kadar CO2 yang tidak disertai dengan penambahan jumlah tanaman juga dapat berpengaruh buruk bagi lingkungan sekitar.
      Penanggulangan Polusi Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor
      • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum. Jika tidak perlu sekali, simpan kendaraan pribadi Anda di rumah dan gunakan transportasi umum yang ada. Ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan yang membuang polusinya setiap hari ke angkasa.
      •Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor. Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya asap kendaraan bermotor diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mencegah pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor.
      •Melakukan penghijauan (reboisasi). Penghjauan dapat mengurangi polusi udara, karena karbondioksida yang ada di udara dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau kemudian diubah menjadi oksigen.

      Hapus
  48. Nama : Iweni Swari Agustin
    NPM : 15410046P
    Hadir bu....

    KUIS:
    CERITAKAN SECARA SINGKAT PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI SEKITAR ANDA, MINIMAL MENJELASKAN:
    - LOKASI PENCEMARAN
    - JENIS PENCEMARAN
    - DAMPAK PENCEMARAN
    - PENANGGULANGAN YANG TELAH DILAKUKAN
    Jawab :
    Pencemaran lingkunga yaitu sesuatu yang dapat mengganggu kesehatan manusia karena ada perubahan lingkungan secara fisik. Pengaruhnya yaitu dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya dan bisa juga mengganggu warga disekitarnya karena bau yang tidak sedap untuk dihirup
    Pencemaran dapat timbul sebagai akibat manuasia atau oleh alam. Karena manusia, pencemaran lingkungan pasti terjadi dan tidak dapat dihindari. Yang dapat dilakukan adalah mengurangi pencemaran, mengendalikan pencemaran dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak mencemari lingkungan.
    - Pencemaran yang terjadi dilingkungan saya adalah pencemaran udara akibat asap rokok. Adapun lokasi pencemarannya disekitar rumah saya berada dilingkungan orang perokok.
    - Dampak Pencemarannya asap rokok mengandung berbagai bahan pencemar yang dapat menyebabkan batuk kronis, kanker paru-paru, mempengaruhi janin dalam kandungan dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Saya menjadi perokok pasif karena menghirup asap rokok disuatu ruangan bersama perokok yang aktif dan dapat mengganggu kesehatan seperti
    - • Menimbulkan efek iritasi pada saluran nafas sehingga menimbulkan gejala batuk dan sesak nafas.
    • Menimbulkan bau yang tidak sedap, Menggangu sistem pernapasan.
    • Dalam jumlah kecil dapat menimbulkan gangguan berfikir, gerakan otot, gangguan jantung.
    • Membahayakan bagi si perokok pasif
    • Anak-anak juga cenderung lebih berpeluang menderita masalah pernapasan dan asma.
    - Penanggulangan yang saya lakukan adalah menghindar dari perokok aktif yang sedang merokok daalam ruangan, menegur untuk merokok diluar ruangan.
    - Membuat tempat khusus buat merorok
    - Membuat himbauan jangan merokok ditempat umum
    - Merokkok dilarang di tempat kerja, pub, klub dan restoran,
    - Dinaikkannya cukai atau harga rokok sehingga masyrakat berfikir lebih penting buat makan dari pada membeli rokok


    BalasHapus
  49. Nama : Jeldiana Ilham Septaria
    NPM : 15410039P
    Hadir bu ..

    Pencemaran yang ada di lingkungan saya disebabkan oleh pabrik singkong. Pabrik singkong yang terletak di daerah pemukiman penduduk tepatnya di Seputih Banyak, lampung tengah. Pabrik singkong ini mengakibatkan pencemaran udara dan pencemaran air terhadap lingkungan. Dampak pencemaran pabrik singkong sangat dirasakan bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah pabrik singkong tersebut. Dampak tersebut merupakan pengaruh limbah cair yang tidak mengalami proses pengolahan terlebih dahulu sebelum dibuang ke badan air atau permukaan tanah sehingga dapat mengganggu kesehatan dan dapat menimbulkan bau yang menyengat. Air limbah yang dibuang ke lingkungan (badan air) banyak menimbulkan masalah bagi perkembangbiakan vektor. Air yang tergenang menjadi tempat perkembangbiakan vektor seperti nyamuk, lalat, dan lain-lain.
    Hingga saat ini sudah ada penanggulangan yang dilakukan oleh pabrik singkong tersebut dengan cara membuat tempat limbah kemudian difrementasikan sehingga tidak menimbulkan bau yang menyengat dan limbah tidak mengalir ke badan air disekitar wilayah masyarakat.

    BalasHapus
  50. Nama : Dwi Restalia
    NPM : 15410031P
    Hadir bu....

    KUIS:
    CERITAKAN SECARA SINGKAT PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI SEKITAR ANDA, MINIMAL MENJELASKAN:
    - LOKASI PENCEMARAN
    - JENIS PENCEMARAN
    - DAMPAK PENCEMARAN
    - PENANGGULANGAN YANG TELAH DILAKUKAN
    Jawab :

    Pencemaran yang ada di lingkungan saya di Perumnas Way Halim Bandarlampung adalah pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor yang melintasi Jalan Soekarno Hatta (bypass). Polusi udara yang berasal dari knalpot kendaraan bermotor terkadang tidak sesuai dengan ambang batas emisi yang diperbolehkan. Dampak dari pencemaran adalah penyakit pernapasan. Penanggulangan yang dilakukan adalah dengan menanam tumbuhan disekitar rumah sehingga dapat menghasilkan udara bersih. Hal ini diharapkan dapat mengurangi polusi udara yang berasal dari knalpot kendaraan bermotor.

    Dari sisi pemerintah seharusnya dilakukan uji emisi yang transparan pada kendaraan bermotor sehingga kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan yang lulus uji emisi sehingga asap dari knalpot tidak mengganggu kesehatan masyarakat

    BalasHapus

  51. Sri Handayani / 15410070P

    Ada beberapa macam pencemaran lingkungan yang terjadi di daerah saya, yaitu di Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat. Diantaranya polusi udara yang diakibatkan emisi gas buang kendaraan bermotor maupun pencemaran udara yang disebabkan asap kebakaran hutan. Ini menunjukkan kurang maksimalnya peran pemerintah daerah dan instansi terkait dalam penanganan masalah polusi udara.

    Emisi gas buang kendaraan bermotor berdampak cukup berbahaya, karena terdapat kandungan CO2, sehingga dapat mengganggu proses pernapasan bagi manusia dan satwa. Yang terbanyak dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Tingginya penggunaan bahan bakar kendaraan yang tidak ramah lingkungan menjadi penyebab meningkatnya kadar CO2 di bumi. Peningkatan kadar CO2 yang tak diikuti bertambahnya jumlah tumbuh-tumbuhan akan menimbulkan berpengaruh yang kurang baik buruk bagi lingkungan maupun mahluk hidup. Penanganannya dapat dilakukan dengan cara :
    - Penggunaan moda transportasi umum untuk rutinitas sehari-hari. Diharapkan ini dapat membantu mengurangi jumlah emisi gas buang kendaraan bermotor.

    Sedangkan dampak ekologi dari kebakaran hutan di antaranya adalah kerusakan lingkungan, kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi, bahkan hilangnya mata pencaharian masyarakat di dan sekitar hutan. Kebakaran hutan juga akan memusnahkan sebagian spesies dan merusak kesimbangan alam sehingga spesies-spesies yang berpotensi menjadi hama menjadi tidak terkendali. Penanganannya dapat dilakukan dengan cara :

    - Mencanangkan kembali gerakan reboisasi (penghijauan) bersama.



    BalasHapus
  52. Nama : Ardiyanti Mega
    NPM :15410024P
    hadir

    Pencemaran lingkungan yang ada di lingkungan sekitar saya adalah pencemaran air tanah pada saat musim penghujan dikarenakan tekstur tanah yang longgar. Dampak yang dirasakan jika hujan turun air tanah akan berubah warna menjadi keruh. Penanggulangan yang dilakukan belum ada.

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Nama : Arvi armando
    NPM : 15410025P
    Hadir

    Pencemaran lingkungan yang saat ini terjadi disekitar tempat tinggal saya wilayah kedaton bandar lampung adalah polusi pencemaran udara yang terjadi saat ini disebabkan asap kendaraan serta debu akibat kemarau. Dampak dari pencemaran udara tersebut tidak terlalu besar akan tetapi dampak tersebut dapat menimbulkan penyakit pernafasan serta tidak nyaman menghirup udara yang bebas dari polusi. Penanggulangan yang dilakukan yaitu dengan menanam tumbuhan atau pohon disekitar rumah sehingga dapat menguranggi polusi sehingga menghasilkan udara bersih.Melakukan penghijauan (reboisasi). Penghjauan dapat mengurangi polusi udara, karena karbondioksida yang ada di udara dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau kemudian diubah menjadi oksigen. Hal ini diharapkan dapat mengurangi polusi udara yang berasal dari emisi gas buang knalpot kendaraan mobil dan motor.

    BalasHapus
  56. Nama : Robby Dewan Tanjung
    Npm : 15410061P
    Hadir
    Banyaknya sampah plastik, pencemaran air akibat limbah industri, rumah sakit, rumah tangga, serta rumah makan menyebabkan kondisi perairan di sekitar Teluk Lampung akhir - akhir ini tampak memprihatinkan. Di sekitar Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Lempasing, Teluk Betung, air laut tampak keruh dan berminyak. Kawasan pantai di sekitar PPI itu pun banyak endapan lumpur berwarna hitam serta sisa - sisa sampah plastik dan bangkai ikan. Hal serupa juga tampak di sungai belau, sekitar dua kilometer sebelum lokasi PPI. Air sungai yang masih aktif digunakan sebagai tempat sandar perahu - perahu nelayan tersebut keruh dan berminyak. Dampaknya saat ini kondisi air di kawasan perairan Teluk Lampung sangat mengkhawatirkan, terlebih bagi nelayan polusi air tersebut menyebabkan hasil tangkapan di kawasan Teluk Lampung menurun.
    Penanggulangan yang telah dilakukan oleh pemerintah melalui dinas terkait, telah dicanangkan program laut bersih dan pantai lestari, serta sungai bersih. Hal itu dilakukan untuk mengupayakan perbaikan dan perlindungan bagi kelestarian air, serta keragaman hayati yang hidup di dalamnya.

    BalasHapus
  57. Nama: Yuliani Inayati
    Npm: 15410076P

    Lokasi pencemaran di daerah pringsewu tepatnya berada di dekat rumah saya sendiri yang berasal dari produksi kue rumahan, dimana jenis pencemaran nya berupa pencemaran udara dan pencemaran lingkungan akibat limbah dari produksi kue tersebut yang limbah nya di biarkan mengalir ke parit sekitar rumahnya, sedangkan parit di lingkungan tersebut hanya parit biasa yang juga alirannya tidak lancar akibat adanya sumbatan sehingga apabila di aliri limbah tersebut, limbah akan menyebar kemana-mana.
    Dampak pencemaran akibat dari pembuangan limbah sembarang tersebut selain lingkungan tercemar, udara pun ikut tercemar karena bau nya kemana-mana. Adapun penanggulangan yang telah dilakukan yaitu dengan membuat siring yang lebih baik, dibuat lah siring tersebut dengan menggunakan semen dan aliran yang tersumbat di bersihkan serta siring ditutup dengan papan sehingga aliran limbah tetap mengalir di dalam parit dan tidak luber kemana-mana serta bau yang tidak sedap tidak lg tercium.

    BalasHapus
  58. Humairoh
    15410050P
    Hadir

    Pencemaran lingkungan yang ada disekitar saya yaitu pencemaran akibat produksi pabrik tahu. Lokasi tempatnya berada tidak jauh dengan rumah saya dan berada di pinggiran kali . pabrik tahu ini mengakibatkan pencemaran lingkungan baik air, udara dan fisik.
    Pencemaran air ini terjadi karena hasil limbah olahan tahu ini di buang langsung ke kali tanpa ada penanganan dahulu. Dampaknya air kali menjadi kotor, bau, dan ekosistem di dalamnya mati.
    Pencemaran udara terjadi karena hasil limbah yang di tumpuk terus menurus sehingga menimbulkan bau.
    Pencemaran fisik terjadi karena adanya kebisingan yang diakibatkan oleh mesin pembuatan tahu.
    Hingga saat ini belum ada penangan langsung oleh pemilik pabrik terhadap limbah pembuatan tahu.

    BalasHapus
  59. Nama : Ridwan
    NPM : 15410084P
    Pencemaran yang ada dilingkungan tempat tinggal saya yaitu di daerah natar meliputi:
    1. Pencemaran udara di daerah natar yang merupakan jalan lintas maka pencemaran udara yang utama disebabkan oleh asap dari kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat kendaraan tersebut menghasilkan asap buangan seperti CO2, SO, SO2, CFC,
    CO, dan asap rokok. Serta gas CO2 yang berasal dari pabrik, mesin-mesin yang
    menggunakan bahan bakar fosil dan akibat pembakaran kayu. Kadar gas CO2 yang
    semakin meningkat di udara tidak dapat segera di ubah menjadi oksigen oleh
    tumbuhan karena banyak hutan dunia yang di tebang setiap tahunnya.
    Dampak dari pencemaran udara yaitu kurang baiknya kualitas udara (udara berdebu) serta dapat menimbulkan efek rumah kaca, hingga hingga kematian.
    2. Pencemaran air di daerah natar terjadi pada sumber air tanah yang disebabkan olek aktivitas manusia. Selain itu juga berasal dari
    - limbah industry seperti pembuangan limbah keselokan dan sungai tanpa pengolaan yang baik,
    - limbah pertanian seperti penggunaan pestida
    - limbah rumah tangga seperti penggunaan detergen.
    Dampaknya yaitu kurang baiknya kualitas air tanah yang keruh, memiliki rasa serta apabila lama diendapkan pada wadah atau ember maka akan mengandung endapan lumpur

    BalasHapus
  60. nama : mirza zainunnisa
    npm : 15410048P
    hadir bu

    pencemaran lingkungan yang ada disekitar saya yaitu pencemaran industri limbah pembuatan tahu,, pabrik ini membuang limbah ke sungai dekat pemukiman warga yang sering digunakan untuk mencuci pakaian, alat alat dapur, serta bahkan smapai mandi,, limbah ini sangat mengganggu karena limbah tersebut sungai menjadi bau dan kotor, warga sudah pernah menegur pabrik tersebut tapi sampai sekarang limbah pun masih dibuang disungai, apalagi musim kemarau yg rata" disumur dekat rumah mereka kering, jadi sebagian besar warga memanfaatkan sungai tsb.


    BalasHapus
  61. Nama : Dian Sandrawati
    NPM : 15410029P
    hadir bu maaf telat krn DL signal internet terputus putus
    jawaban :
    Pencemaran yang ada dilingkungan saya yaitu bertempat tinggal di kemiling bandar lampung adalah pencemaran udara akibat kendaraan bermotor. Adapun lokasi pencemarannya disepanjang jalan dekat rumah saya, yang dilalui banyak kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor membawa dampak yang membahayakan bagi kita, terutama pada proses pernapasan manusia. Karena asap kendaraan mengandung CO2 yaitu hasil pembakaran yang tidak sempurna, sehingga dapat mengganggu proses pernapasan bagi manusia. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Penggunaan bahan bakar kendaraan yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu pemicu kenaikkan kadar CO2 di bumi. CO2 yang menjadi bahan utama dalam fotosintesis cukup banyak diperlukan bagi tanaman, namun jika kenaikkan kadar CO2 yang tidak disertai dengan penambahan jumlah tanaman juga dapat berpengaruh buruk bagi lingkungan sekitar.
    Penanggulangan Polusi Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor
    • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum. Jika tidak perlu sekali, simpan kendaraan pribadi Anda di rumah dan gunakan transportasi umum yang ada. Ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan yang membuang polusinya setiap hari ke angkasa.
    •Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor. Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya asap kendaraan bermotor diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mencegah pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor.
    •Melakukan penghijauan (reboisasi). Penghjauan dapat mengurangi polusi udara, karena karbondioksida yang ada di udara dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau kemudian diubah menjadi oksigen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0

      Nama : Tuwuh Rahayu
      NPM : 15410018P
      Hadir Bu.....

      Pencemaran yang terjadi dilingkungan saya adalah pencemaran udara akibat kendaraan bermotor. Adapun lokasi pencemarannya disepanjang jalan dekat rumah saya, yang dilalui banyak kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor membawa dampak yang membahayakan bagi kita, terutama pada proses pernapasan manusia. Karena asap kendaraan mengandung CO2 yaitu hasil pembakaran yang tidak sempurna, sehingga dapat mengganggu proses pernapasan bagi manusia. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Penggunaan bahan bakar kendaraan yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu pemicu kenaikkan kadar CO2 di bumi. CO2 yang menjadi bahan utama dalam fotosintesis cukup banyak diperlukan bagi tanaman, namun jika kenaikkan kadar CO2 yang tidak disertai dengan penambahan jumlah tanaman juga dapat berpengaruh buruk bagi lingkungan sekitar.
      Penanggulangan Polusi Udara oleh Asap Kendaraan Bermotor
      • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum. Jika tidak perlu sekali, simpan kendaraan pribadi Anda di rumah dan gunakan transportasi umum yang ada. Ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan yang membuang polusinya setiap hari ke angkasa.
      •Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor. Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya asap kendaraan bermotor diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mencegah pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor.
      •Melakukan penghijauan (reboisasi). Penghjauan dapat mengurangi polusi udara, karena karbondioksida yang ada di udara dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau kemudian diubah menjadi oksigen.

      Hapus
  62. Nama : DERRY SAPUTRA EMILGA
    NPM : 15410028P
    Jawaban KUIS :
    Pencemaran yang terjadi di sekitar lingkungan saya salah satunya adalah pencemaran air sungai ogan di Desa Semanding Kecamatan Pengandonan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Kecamatan Pengandonan merupakan kawasan Industri Rumah Tangga (IRT) Tahu dan Tempe, ada ratusan industri yang berproduksi, yang dinaungi oleh Koperasi Primkopti Kecamatan Pengandonan. Namun sayangnya menjamurnya IRT tersebut tidak diiringi dengan pengelolaan limbah yang baik, khususnya untuk limbah cair. Sebagian besar bahkan bisa dikatakan semua IRT membuang limbah industrinya langsung ke sungai tanpa ada treatment apapun. Walau dampak yang ditimbulkan tidak berupa bahaya hebat yang luar biasa (masih sering diabaikan), tingginya kandungan bahan organik dalam limbah tahu dan tempe menyebabkan air sungai jadi keruh dan bau busuk, serta beresiko menjadi sumber pencemar di sekitar aliran sungai yang dapat menimbulkan penyakit diare, kulit dan sebagainya.
    Sekitar tahun 2000-an pemerintah sudah membangun IPAL di kawasan tersebut, yang digunakan secara massal untuk mengelola limbah cair IRT yang ada. Masing-masing IRT mempunyai saluran limbah yang bermuara ke IPAL sebelum akhirnya dibuang ke sungai. Namun dikarenakan keterbatasan tenaga, biaya pemeliharaan dan faktor lainnya, IPAL tersebut tidak berjalan lama dan akhirnya IRT kembali membuang limbahnya ke sungai. Hal tersebut sangat disayangkan karena apabila dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan masalah lingkungan yang serius, mulai dari kerusakan ekologi sungai, hingga penyakit di masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0

      Nama : ANITA FEBRINA
      NPM : 15410088P
      Jawaban KUIS :
      Pencemaran yang terjadi di sekitar lingkungan saya salah satunya adalah pencemaran air sungai di kelurahan Gunung Sulah, Way Halim, Bandar Lampung. Kelurahan Gunung Sulah merupakan kawasan Industri Rumah Tangga (IRT) Tahu dan Tempe, ada ratusan industri yang berproduksi, yang dinaungi oleh Koperasi Primkopti Kelurahan Gunung Sulah. Namun sayangnya menjamurnya IRT tersebut tidak diiringi dengan pengelolaan limbah yang baik, khususnya untuk limbah cair. Sebagian besar bahkan bisa dikatakan semua IRT membuang limbah industrinya langsung ke sungai tanpa ada treatment apapun. Walau dampak yang ditimbulkan tidak berupa bahaya hebat yang luar biasa (masih sering diabaikan), tingginya kandungan bahan organik dalam limbah tahu dan tempe menyebabkan air sungai jadi keruh dan bau busuk, serta beresiko menjadi sumber pencemar di sekitar aliran sungai yang dapat menimbulkan penyakit diare, kulit dan sebagainya.
      Sekitar tahun 2000-an pemerintah sudah membangun IPAL di kawasan tersebut, yang digunakan secara massal untuk mengelola limbah cair IRT yang ada. Masing-masing IRT mempunyai saluran limbah yang bermuara ke IPAL sebelum akhirnya dibuang ke sungai. Namun dikarenakan keterbatasan tenaga, biaya pemeliharaan dan faktor lainnya, IPAL tersebut tidak berjalan lama dan akhirnya IRT kembali membuang limbahnya ke sungai. Hal tersebut sangat disayangkan karena apabila dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan masalah lingkungan yang serius, mulai dari kerusakan ekologi sungai, hingga penyakit di masyarakat.

      Hapus
  63. Nama : Rochman Aribowo A.
    NPM : 15410089P
    Hadir Bu
    Pencemaran yang ada diwilayah kerja Puskesmas Waymili Kec. Gunung Pelindung Lampung timur yaitu Desa Nibung,Desa Waymili,Desa Pelindung Jaya , Desa Pempen dan Desa Negeri Agung. Ini karena kebiasaan masyarakatnya yang buang air besar sembarangan dikali atau di kebun, ini sepele menurut mereka tapi bagi kami sebagai petugas sanitasi bisa berdampak luar biasa karena akan menjadi sarang penyakit, dan kalau tidak segera diatasi bisa terjadi KLB Penyakit yg berbasis lingkungan diwilayah kerja Puskesmas Waymili. Dan untuk itu mengatasi hal tersebut kami lakukan Pemicuan STBM yang mengedepankan pendekatan pada masyarakat. Yg dimana masyarakat menjadi guru dan yg menjadi mentor terhadap kegiatan STBM ini, STBM ini mengedepan perubahan prilaku dan prasana sanitasi yg semua atas kesadaran dan swadaya masyarkat sendiri. Alhamdulillah sekarang masyarakat perlahan sudah mulai merubah prilakunya. Dan ini telah dibuktikan dengan Deklarasi oleh warga desa Nibung sebagai Desa ODF dan CTPS ( klik google SBS DESA NIBUNG ) dan akan diikuti oleh desa yg lainnya.

    BalasHapus
  64. Muhamad Roni
    15410052P
    Pencemaran yang terjadi dilingkungan saya tepatnya desa suka menanti kecamatan bukit kemunig adanya industri rumahan pembuatan tempe dan tahu sehingga banyak masyarakat sekitar yang menyebutnya gang tempe karna mayoritas penghuni gang tersebut memproduksi tempe dan tahu (industri Rumahan).
    Jenis pencemaran yaitu air limbah banyaknya Limbah cair yang dikeluarkan oleh industri-industri masih menjadi masalah bagi lingkungan sekitarnya, karena pada umumnya industri-industri, terutama industri rumah tangga mengalirkan langsung air limbahnya ke selokan atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Demikian pula dengan industri tahu/tempe yang pada umumnya merupakan industri rumah tangga.Keadaan ini akibat masih banyaknya pengrajin tahu/tempe yang belum mengerti akan kebersihan lingkungan dan disamping itu pula tingkat ekonomi yang masih rendah, sehingga pengolahan limbah akan menjadi beban yang cukup berat bagi mereka. disamping nilai gizinya tinggi harganya pun relatif murah.biasanya limbah tempe/tahu limbah yang dibuang ke peraian memiliki kadar zat organiknya (BOD) dan COD (Chemical Oxygen Demand) Jika ditinjau dari Kep-03/MENKLH/11/1991 tentang baku mutu limbah cair, maka industri tahu dan tempe memerlukan pengolahan limbah.
    Dampak dari pencemaran tersebut terhadap lingkungan.Salah satunya dampak limbah-bau limbah cair dan padat. Keadaan air sungai menjadi kotor dan keruh.Menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mengganggu pernapasan warga di sekitarnya. Merusak pemandangan / mengurangi nilai keindahan.
    Sampai saat ini belum ada penanggulangan yang di lakukan baik oleh industri maupun masyarakat atau instansi yang tekait karna Tempe/Tahu merupakan makanan yang digemari masyarakat, baik masyarakat kalangan bawah hingga atas. Keberadaannya sudah lama diakui sebagai makanan yang sehat, bergizi dan harganya murah. Hampir ditiap kota di Indonesia dijumpai industri tempe/tahu Namun demikian keberadaan industri tahu-tempe harus selalu didukung baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat karena makanan tahu/tempe merupakan makanan yang digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia,.sehingga sulit untuk ditindak tegas sebagai upaya penanggulangan dampak yg disebabkan oleh industri rumahan tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0

      Nama : Wellza Kerinova
      NPM : 15410075P
      Hadir

      CERITAKAN SECARA SINGKAT PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI SEKITAR ANDA, MINIMAL MENJELASKAN:
      - LOKASI PENCEMARAN
      - JENIS PENCEMARAN
      - DAMPAK PENCEMARAN
      - PENANGGULANGAN YANG TELAH DILAKUKAN (JIKA ADA)

      Jawab :
      Lokasi pencemaran terletak di daerah lampung tengah tepatnya Bandar Jaya Barat di sini terdapat industri rumahan pembuatan tempe dan tahu sehingga banyak masyarakat sekitar yang menyebutnya gang tempe karna mayoritas penghuni gang tersebut memproduksi tempe dan tahu (industri Rumahan).
      Jenis pencemaran yaitu air limbah banyaknya Limbah cair yang dikeluarkan oleh industri-industri masih menjadi masalah bagi lingkungan sekitarnya, karena pada umumnya industri-industri, terutama industri rumah tangga mengalirkan langsung air limbahnya ke selokan atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Demikian pula dengan industri tahu/tempe yang pada umumnya merupakan industri rumah tangga.Keadaan ini akibat masih banyaknya pengrajin tahu/tempe yang belum mengerti akan kebersihan lingkungan dan disamping itu pula tingkat ekonomi yang masih rendah, sehingga pengolahan limbah akan menjadi beban yang cukup berat bagi mereka. disamping nilai gizinya tinggi harganya pun relatif murah.biasanya limbah tempe/tahu limbah yang dibuang ke peraian memiliki kadar zat organiknya (BOD) dan COD (Chemical Oxygen Demand) Jika ditinjau dari Kep-03/MENKLH/11/1991 tentang baku mutu limbah cair, maka industri tahu dan tempe memerlukan pengolahan limbah.
      Dampak dari pencemaran tersebut terhadap lingkungan.Salah satunya dampak limbah-bau limbah cair dan padat. Keadaan air sungai menjadi kotor dan keruh.Menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mengganggu pernapasan warga di sekitarnya. Merusak pemandangan / mengurangi nilai keindahan.
      Sampai saat ini belum ada penanggulangan yang di lakukan baik oleh industri maupun masyarakat atau instansi yang tekait karna Tempe/Tahu merupakan makanan yang digemari masyarakat, baik masyarakat kalangan bawah hingga atas. Keberadaannya sudah lama diakui sebagai makanan yang sehat, bergizi dan harganya murah. Hampir ditiap kota di Indonesia dijumpai industri tempe/tahu Namun demikian keberadaan industri tahu-tempe harus selalu didukung baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat karena makanan tahu/tempe merupakan makanan yang digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia,.sehingga sulit untuk ditindak tegas sebagai upaya penanggulangan dampak yg disebabkan oleh industri rumahan tersebut

      Hapus
  65. Nama : Uyung Nurrohman
    NPM : 15410087P
    Hadir

    BalasHapus
  66. Nama : Ariyani
    NPM : 15410004
    Hadir

    BalasHapus